Berkas lamaran kerja yang diminta oleh setiap perusahaan atau instansi bisa berbeda. Perbedaan persyaratan lamaran kerja juga kerap terjadi untuk posisi pekerjaan yang dituju

Persyaratan lamaran kerja adalah berkas atau dokumen dari pelamar kerja untuk perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan pada posisi pekerjaan tertentu. Berkas lamaran kerja yang lengkap akan memudahkan perekrut atau HRD dalam menyeleksi calon pegawai baru. Apabila sesuai kriteria, pelamar akan lebih cepat mendapat panggilan untuk memasuki tahap selanjutnya seperti wawancara kerja. Lantas, apa saja persyaratan lamaran kerja atau berkas lamaran kerja yang perlu dipersiapkan? Persyaratan lamaran kerja 1. Curriculum Vitae atau CV Pertama, persyaratan lamaran kerja yang harus disiapkan ketika akan melamar pekerjaan adalah daftar riwayat hidup atau CV. CV adalah dokumen memuat informasi data diri pelamar kerja, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, pengalaman magang, keahlian atau keterampilan, pelatihan atau sertifikasi yang pernah diikuti, hingga kontak yang bisa dihubungi. Bisa dibilang, CV adalah salah satu berkas lamaran kerja yang pasti diminta oleh perusahaan. Karena itu, calon pelamar kerja harus menyiapkan CV lamaran kerja semenarik mungkin. Namun sebaiknya CV dibuat secara ringkas agar HRD lebih mudah mengenali calon pelamar kerja